Kisah Kelahiran Sayyidah Zainab as

Kisah Kelahiran Sayyidah Zainab as

Pada tanggal 5 Jumadil Awal Tahun 5 Hijriyah telah lahir anak ketiga dari Amiril Mukminin dan Sayyidah Fatimah as. Bayi ini adalah anak perempuan pertama dari Imam Ali as.

Sayyidah Fathimah Zahra as berkata kepada suaminya, “Karena ayahku tengah bepergian, tolong beri nama bagi anak ini. “

Imam Ali as. Menjawab, “Aku tidak mau mendahului ayahmu.”

Setelah tiga hari berlalu, Rasulullah saw pulang dari perjalanan. Sebagaimana biasa, rumah pertama yang didatangi beliau ketika masuk Madinah adalah rumah Putri tercintanya Sayyidah Fathimah Zahra as. Kemudian beliau berkata, “Anak-anak Fathimah adalah anak-anakmu.”

Kemudian Jibril turun dan berkata, “Allah menyampaikan salam untukmu, dan dia berfirman, ‘Beri anak ini nama Zainab, sebagaimana yang telah Kami tulis di Lauh Mahfuz.”

Kemudian Rasulullah saw. mencium Sayyidah Zainab dan berkata, “Aku berpesan kepada umatku, baik yang hadir maupun yang tidak hadir, untuk menghormati anak perempuan ini. Karena dia sebanding dengan Khadijah Kubra.”

Setelah itu Rasulullah saw. mendekap Sayyidah Zainab di dadanya dan meletakkan wajahnya yang mulia di wajahnya. Tiba-tiba beliau menangis. Begitu banyak air mata yang mengalir hingga membasahi janggutnya. Sayyidah Fathimah as. bertanya, “Duhai ayahku, mengapa engkau menangis?”

Rasulullah saw. bersabda, “Setelah kepergianku, anak ini akan mendapat musibah yang bermacam-macam.”

Mendengar itu, Sayyidah Fathimah as. pun menangis.

Salam atasmu wahai Aqilah Bani Hasyim.